Minggu, 04 Juli 2010

Beberapa Tips & Trick Menggunakan Handphone

Tips Untuk Berinternetan Lewat Handphone

Anda mungkin merupakan salah satu pengguna internet dengan koneksi berbasis 3G/3.5G.
PC atau notebook dapat menggunakan modem khusus ataupun memanfaatkan ponsel sebagai alternatif untuk konek ke internet. Anda mungkin tidak menemukan masalah "koneksi lelet" baik dengan modem khusus ataupun ponsel pada lokasi yang sinyalnya baik, tetapi pada beberapa kondisi wilayah tertentu, sinyal dapat saja lemah. Tips berikut mungkin berguna bagi anda.


Modem dapat menangani masalah sinyal lemah lebih baik daripada ponsel. Ini disebabkan karena modem memang dibuat secara khusus untuk menangani sinyal jaringan 3G/3.5G. Sedangkan Ponsel harus membagi jaringan antara komunikasi telepon (GSM) dengan jaringan 3G/3.5G.akibatnya ya koneksi bisa saja lelet.

Perhatikan setting ponsel (menu - tools - setting - phone - network - network mode).
1. Dual Mode
memaksa ponsel menerima sinyal GSM dengan 3G (akibatnya baterai cepat habis).
2. UMTS
ponsel difokuskan untuk menerima sinyal jaringan 3G/3.5G
3. GSM
ponsel difokuskan menerima sinyal jaringan GSM

Pada konfigurasi default, network mode adalah -GSM. Nah setting -GSM dan -Dual Mode yang menjadi penyebab koneksi internet menjadi lambat dan kadang malah tidak bisa konek sama sekali. Anda bisa melihat bahwa network mode pada ponsel penulis berada pada posisi -UMTS. pada mode UMTS ini, ponsel ternyata dapat menjadi modem yang baik pada kondisi dimana penulis sedang berada pada lokasi yang "lemah sinyal" (perlu diingat "sinyal lemah" berbeda dengan "No signal"). Jika anda punya niat untuk membeli ponsel dan memanfaatkannya sebagai modem. Penulis menyarankan agar anda mengetahui secara jelas terlebih dahulu fitur setting network mode pada ponsel. Tidak semua ponsel mempunyai fitur seperti ini. Beberapa ponsel murah (baca RP 2 juta) hanya mempunyai fitur - DUAL MODE (GSM & 3G) dan - GSM ONLY.
dengan ponsel yang tidak memiliki fitur memfokuskan penerimaan sinyal 3G,
anda mungkin akan kesal karena merasa seperti bermain dial-up pada tahun 1990an.



Tips Mencharge Baterai Handphone

Banyak pembeli yang selalu menanyakan bagaimana cara merecharge ulang baterai HP ?
dan kebanyakan toko HP akan menjawab, "charge pertama 6 jam Pak.. selanjutnya paling banter 2 jam dah penuh dan normal". Hal itu biasa dilakukan jika HP kita menggunakan baterai Nicd atau Metal, sedang saat ini semua HP sudah menggunakan baterai Lithium. Ciri khas baterai Lithium beda dengan Nicd atau Metal. Lithium tidak dianjurkan sampai habis bis kemudian recharge, sedang Metal dan Nicd dianjurkan sampai habis baru recharge. Untuk Hp dengan baterai Lithium Kalau kita teliti lebih jauh charger akan berhenti otomatis pada saat baterai telah terisi penuh, dan ini butuh waktu paling lama 1.5 jam saja, bagaimana cara kita merecharge sampai dengan 6 jam seperti yang dianjurkan toko?

Cara yang sebenarnya untuk me recharge baterai HP lithium adalah:
1. Untuk masa 4 kali recharge yang pertama HP harus selalu dalam kondisi mati pada saat
recharge/pengisian baterai dan kedua waktu yg dibutuhkan adalah 2 jam saja pada setiap
kali pengisian.
2. Dalam masa tersebut Baterai Hp anda tidak boleh mengalami kondisi baterai habis sama sekali.
3. Lepas dari masa 4 kali recharge pertama, pengisian berikutnya secara normal saja. Lama nya tergantung jenis HP, Baterai dan Travel Charge nya.


Tips HP yang Kehujanan atu Terkena Air

Musim hujan akan menjadi sangat menjengkelkan jika hp baru terguyur air hujan. Tapi jangan khawatir, sekarang ada tips pertolongan pertama pada hp yang kehujanan.

1. Dirumah anda sudah harus menyiapkan peralatan seperti hair dryer, kaca pembesar, kain lap kering, kuas, dan obeng
2. Pisahkan hape dari batrenya terlebih dahulu. Ingat jangan sekali-kali anda mencoba menghidupkan atau mematikan hp yang dalam kondisi basah.
3. Bongkar hp hingga ke bagian dalam, dan jangan lupa ingat cara membongkarnya biar nanti saat pemasangan sudah tidak bingung lagi.
4. Jika hp sudah benar-benar terbongkar, keringkan bagian dalamnya menggunakan hair dryer. Ingat, bagian PCB harus benar-benar kering disemua sisi-sisinya.
5. Jangan lupa, bagian-bagian lainnya yang basah juga harus dikeringkan.
6. Jika sudah benar-benar kering, perhatikan bagian PCB dengan kaca pembesar. Biasanya akan ada bercak putih yang tersisa bekas pengeringan menggunakan hair dryer. Untuk menghilangkannya sikat dengan kuas secara pelan-pelan.
7. Dan untuk membersihkan bagian lainnya kita bisa gunakan kain lap kering yang sudah disediakan sebelumya. Lalu pasang kembali hp tersebut hingga benar-benar dapat beroperasi seperti sedia kala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar